™RICKY JOENATAN 69™

Rabu, 06 Juni 2012

Membuat wireless access point - Klik Start pilih Run - Ketik " C:\WINDOWS\system32\drivers\etc " lalu enter. - Anda akan mendapatkan beberapa file, pilih file " hosts " - buka file " hosts " dan pilh open with " notepad " - Pada bagian bawah ada tulisan " 127.0.0.1 localhost " - Copy tulisan dibawah ini dan paste pas dibawah " 127.0.0.1 localhost " 127.0.0.1 facebook.com 127.0.0.1 www.facebook.com 127.0.0.1 Youtube.com 127.0.0.1 www.youtube.com

Membuat wireless access point (WAP) dengan wifi laptop

Saya sering kali share akses internet dilaptop dengan mode "ad hoc" atau computer to computer network via wifi. Pada suatu ketika saya memiliki smartphone yang sudah dibekali wifi, karena smartphone yang saya miliki adalah low performs, sehingga tidak mendukung akses internet mode ad hoc, dia hanya bisa menerima signal wifi dari access point yang mendukung DHCP (memberikan alamat IP otomatis).


Saya pengguna smartphone Samsung Galaxy Young CDMA SCH-i509, dengan OS Android 2.3.6 (Gingerbread). Ponsel ini tidak mendukung koneksi wifi via ad hoc, sehingga dibutuhkan keahlian tertentu untuk "menguprek" nya, agar bisa support ad hoc. Setelah berkali-kali saya mencoba mengikuti panduan para master2 dalam mengutak-atik si SCH-i509 agar bisa support ad hoc, tetapi hasilnya ribet dan harus setting manual pada pengaturan wifinya.


Kembali saya muter-muter mencari cara yang mudah untuk memancarkan wifi laptop agar bisa diterima oleh HP dengan mudah. Dan akhirnya saya menemukannya disebuah tread pada forum kaskus.us, wal hasil sekarang wifi laptop saya sudah bisa menjadi access point. Berikut ini saya akan share sedikit tentang "membuat wireless access point (WAP) dengan wifi laptop".

Saya menggunakan program connectify untuk membuat wireless access point (WAP), langkah-langkahnya sebagai berikut;

Persyaratan yang harus ada;
1. Ada Laptop dengan WLAN yang support WPA2-PSK encryption
2. Ada koneksi internet yang akan disebarkan
3. Ada device lain (Laptop/HP) yang kita gunakan untuk menangkap WAP kita nanti
4. Windows 7 Ultimate (bila kita menjadikan laptop sebagai repeater)

Cara settingnya;
1. Install program connectify, silahkan download disini gratis untuk versi lite.
2. Selesai install PC akan meminta reboot.
3. Ada 2 tipologi alur internet yang bisa kita setting;
Pertama, bila kita menggunakan LAN untuk internet in dan WLAN untuk internet out (access point).
Kedua, kita menggunakan WLAN untuk internet in dan sekaligus menjadi internet out (access point), tipologi ini biasa disebut dengan repeater. Hanya saja untuk tipologi yang kedua ini hanya bisa berjalan pada windows 7 ultimate. Karena pada windows 7 ultimate memiliki virtual wifi device.

4. Isi Wifi Name (untuk versi gratis, tidak bisa dirubah namanya)
5. Isi Password (minimal 8 digit)
6. Klik Start Hotspot

Sekarang wifi laptop kita sudah bisa menjadi router / access point, dan setiap perangkat yang terconnect akan otomatis diberi IP adress. Oiya program connectify ini hanya berjalan pada mode Access Point WPA2-PSK encryption, jadi WLAN kita harus support dan kita harus membuat password dan memasukkan password waktu akan connect.


Catatan : Apabila kita menggunakan versi gratis, kita hanya bisa menggunakan LAN dan WLAN untuk internet in-nya. Apabila kita menggunakan modem 3G atau modem EVDO di laptop maka kita harus menggunakan yang versi pro. Untuk sekedar belajar, silahkan download connectify pro yang versi orang-orang gak punya dollar disini.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar