™RICKY JOENATAN 69™

Senin, 11 Juni 2012

Share WIFI laptop dengan Virtual Access Point (Virtual AP)

Kita tentu sering menggunakan fasilitas hotspot yang terhubung menggunakan akses poin. Komputer-komputer yang terhubung di dalam dakses poin tersebut dapat melakukan komunikasi seperti melakukan ping, sharing file, terkoneksi dengan internet (jika akses poin dikoneksikan internet) dan sebagainya.
Sebenarnya ada banyak cara dalam membuat ”semacam” akses poin dengan fasilitas wifi yang dimiliki oleh laptop kita. Tapi yang saya jelaskan di sini menggunakan software Virtual AP yang gampang dan mudah dalam penggunaanya. Dengan Virtual AP, kita dapat melakukan sharing file dengan laptop lain yang terkoneksi melalui wifi tersebut. Bahkan kita dapat berbagi koneksi internet. Namun, tentu saja kekuatan sinyal yang dipancarkan tidak sejauh bila menggunakan akses poin.
Cara kerja Virtual AP
Virtual Access Point digunakan untuk berbagi satu koneksi internet antara dua atau lebih komputer. Salah satu komputer server yang memiliki kabel ethernet ditancapkan, dan ada sinyal Wi-Fi atau laptop yang ada Wi-Fi. maka kompuer atau latptop yang berada di dekat situ dapat melakuan koneksi melalui wifi.
Berikut cara membuat ”semacam” akses point pada laptop kita:
download software Virtual Access Point dan setelah itu di install
buka programnya
Jika ada tulisan Internet is connected berarti virtual-ap telah tersambung dengan ethernet
Buka tab Share My Internet dan klik Start Sharing
Sekarang, kita cek jaringan wireless yang kita buat tadi sudah ada atau belum dengan cara klik 2x ikon wifi di pojok kanan bawah, sehingga muncul layar Wireless Network Connection seperti berikut.
Di gambar tersebut statusnya menjadi Not Connected. Jangan khawatir, karena status itu menunjukkan bahwa belum ada computer/laptop lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Nanti apabila sudah ada komputer/laptop yang terhubung, maka statusnya akan berubah menjadi Connected.
Dengan terkoneksi dalam jaringan wireless ini, kita dapat saling berbagi dengan komputer/laptop  handphone (yang perna saya coba N72 dan berhasil denga baik)  maupun perangkat lain yang ada WIFI-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar